marquee

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SEMOGA POSTINGAN-POSTINGAN INI BISA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA

Labels

Rabu, 30 Januari 2013

Cara Menginstall BackTrack 5 r3 Dual Boot Dengan Windows

Sebelum kita mulai kita harus mengosongkan satu partisi yang akan kita tempatkan untuk menginstall BackTrack ini minimal 20 GB biar ada ruang yang digunakan untuk menginstall aplikasi-aplikasi kebutuhan kita, karena File System besarnya mencapai 11 GB.
Oke pertama-tama siapkan dulu CD BackTrack 5 r3 atau bisa juga menggunakan Flashdisk sebagai pengganti CD. Kalau belum punya silahkan download aja langsung dari situs resminya disini dan cara downloadnya disini sedangkan cara booting melalui Flashdisk disini.
Oke setelah semuanya kelar masukkan CD Installer atau kalau menggunakan flashdisk colokkan flashdisknya. Lalu booting melalui CD/Flashdisk. Lalu tunggu sebentar sampai keluar tulisan "boot" lalu tekan Enter setelah itu tunggu lagi sampai keluar seperti gambar berikut :
Setelah keluar tampilan seperti diatas pilih saja "BackTrack Text - Default Boot Text Mode" atau yang paling atas kemudian tunggu sebentar sampai keluar tampilan berikut :
Kemudian ketikkan "startx" tanpa tanda petik seperti gambar diatas lalu tekan enter. dan tunggu lagi sampai prosesnya selesai.
dan munculah tampilan seperti diatas. Di klik saja.
di klik lagi.
atur lokasi sesuai dengan waktu ditempat anda bila anda berada di wilayah WIB pilih saja "Indonesia (Jakarta)" jika WIT pilih "Indonesia (Pontianak)" dan jika WITA pilih saja "Indonesia (Makassar)" lalu forward.
dibiarkan saja klik forward lagi.

lalu pilih saja "Specify partitions manually (advanced)" supaya kita yang akan menentukan di partisi mana kita akan menginstallnya. oke forward lagi.
nah disini kita akan menentukan di partisi mana kita akan menginstallnya. seperti gambar diatas, saya sudah mengosongkan satu partisi. oke sekarang klik saja "Add" kemudian keluar tampilan seperti berikut :
dibagian 'Type for the new partition' pilih saja "Logical" dan di 'Location for the new partition' pilih saja "End" supaya partisinya berada di paling akhir karena kalu kita pilih "Beginning" partisinya akan berada di paling awal, di bagian 'Use as' pilih "Ext4 journalling file system" karena kalau kita menggunakan "NTFS" backtracknya tidak akan bisa booting, sebab file system Linux dengan Windows itu berbeda tidak sama seperti Windows yang menggunakan format "NTFS". kemudian pada 'Mount point' pilih saja "/" supaya bootingnya bisa lancar dan bisa langsung dual boot dengan Windows. klik OK dan klik forward lagi.
dicentang saja seperti gambar diatas kli forward lagi.
klik Continue.
langsung klik Install.
dan tunggu sampai prosesnya selesai setelah selesai klik saja Restart biar langsung bisa dicoba tanpa menggunakan Live CD.
Oke sekian tutorial ini saya buat semoga bermanfaat.
Wassalam..

106 komentar:

  1. gan ane tulis startx kok malah tampilan item doank lama lagi gk masuk2 kira2 knp y ntu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat di postingan ini aja gan..
      http://allaboutlinux01.blogspot.com/2013/02/booting-backtrack-5-r3-pada-vga-intel.html

      Hapus
    2. mas gini ketika gue mau masuk eh di minta td gue masukin nama gue llu gue pencet enter eh malah mnta pass tapi ga bisa di pencet tomnol apapun.,., gi mana solusi nya itu mas

      Hapus
    3. emang gak kelihatan kalo passwordnya gan.
      diketik aja trus teken enter.

      bt login: root
      password: toor
      lalu teken enter kemudian baru diketik startx nya.

      Hapus
    4. bt login : root
      password : toor(enggak root ?)

      Hapus
    5. hilman .. gua mau nanya .. kalau seandainya backtrack 5 r3 ini mau dijadiin sistem operasi bisa gak ? kayak sistem operasi windows 7 windows 8 ... langsung jadi operasi sistemmnya ?

      Hapus
    6. Maksudnya gimana ya gan ?
      Setau saya BT 5 r3 ini emang sistem operasi, tapi linux, bukan windows.

      Hapus
    7. Dasar anonim... Kocak BT5 dikira bukan os ya :v
      Sebaiknya nte browsing dulu apa itu linux apa itu windows :v

      Hapus
  2. kondisi awal C:windows7 D: NFTS(kosong) E:NFTS (Kosong)
    saya ingin install BT5 (KDE) pake CD di disk D (pengen dual boot)
    gimana caranya ya? pada pilihan di gambar ini http://4.bp.blogspot.com/-8pcFTYItYSk/UQgP_tnNtEI/AAAAAAAAAPk/YjZGefyJoQE/s640/5.png saya bingung pilih yang mana.
    mohon bantuan para suhu..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik pada partisi D trus ikuti seperti gambar ini :
      http://4.bp.blogspot.com/-b_whGsngQWc/UQgP5CH-ImI/AAAAAAAAAPI/DGzWvj4bkiI/s1600/6.1.png

      Hapus
  3. jika kita mau instal OSnya,apakah kita harus memback-up data harddisk dulu,atau langsung saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah baiknya buat partisi baru aja. minimal 20GB, soalnya format partisinya beda sama Windows klo windows NTFS/FAT32 klo linux EXT4 itu yang terbaru..

      Hapus
    2. kalo data yang dipartisi lain bakal ke hapus ga?

      Hapus
    3. Gan mw Nanya Buat Partisi itu gmna sih??

      Hapus
  4. pass install sistem stuck d 63% trus knp ye??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin filenya kurang lengkap mas..
      Installnya pake apa? CD / Flashdisk..??

      Hapus
  5. .
    .makasih tutorial nyaa.....
    .sangat membantu dan bermanfaat...
    .(y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih balik atas kunjungannya..

      Hapus
  6. system requirements?...
    Procesor Core 2 Duo 1,8Ghz,
    RAM : 2GB
    VGA : NVidia Geforce 210
    coz punyaku serba minim, bisa gak bang?...
    apa Driver VGA & Audionya bs jalan kira2?...

    aku ga pernah install linux, tp aku ingin mencoba.
    apa kylik/lazarus dpt dijalankan d backtrack?...
    btw ini gratis/ berbayar kyk mandriva?...
    thx b4!...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba dulu mas..
      ini 100% gratis mas..
      tidak ada linux yang bayar..
      emg d gratisin dari sononya..
      klo emg bayar, mgkn itu bayar jasa si pnjual aja..

      klo mslh driver biasanya linux itu rata-rata support semuanya,, walau terkadang ada bug sdkit2,, karena di linux itu OS support Vendor gak kyk Windows Vendor support OS..

      di coba dulu lah mas biar tau apa kekurangan dan kelebihannya..
      klo mw ngInstall aplikasi windows di linux install Wine dlu mas..

      Hapus
  7. sebenernya sdh lama pingin coba Ubuntu,
    tapi aku msh belum bisa meninggalkan Delphi, beberapa bulan lalu kenalanku dr Belgia(teman d Forum) memberiku source code dari Lazaruz, aku jalankan d win 7 ternyata bisa d compile jd *.exe makanya aku ingin coba :)
    ok terima kasih kawan.

    BalasHapus
  8. saya sdh memulai dwnld,
    maaf tanya lagi:

    1. partisi PCku C:\ = Win 7, D:\ = file2 saya, E:\ = ada sedikit file2. aku berencana instal di E:\ apa mesti d format dulu sebelum penginstallan?
    2. apa perlu seting Bios sebelum memulai penginstalan?..
    3. jika Win 7 masih aku pertahankan(Dual Boot) proses penginstallan Backtrack apa boot d atas Win 7(atau semacam Emulator)?...
    4. saat Backtrack sudah terinstall, bagaimana menentukan OS mana yg akan kita pakai?... apa ada penentuan config sebelum booting?... atau keduanya dapat berjalan pada waktu yg sama?...
    mohon dijawab semua yg detil pertanyaan saya.
    sekali lagi terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya partisi E di bagi aja karena format partisi Windows sama Linux itu berbeda klo Windows NTFS klo Linux Ext4 nah otomatis tuh partisi harus di format dulu biar bisa jalan dual bootnya, di Win 7 khan sudah ada fasilitas membagi harddisk ato biasa disebut shrink..
      Cara penginstalan ikuti saja langkah di atas. Setelah proses trakhir selesai silahkan di restart dulu. Pada saat booting disana akan keluar tampilan, kita di suruh memilih mana yang akan kita jalankan, Windows ataukah Linux...

      Hapus
  9. terima kasih artikelnya sangat membantu saya mbak untuk belajar #Internethackingsecurity

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga mas atas kunjungannya..

      Hapus
  10. mau tanya mas, kenapa selalu hang ya pas instal BS5-R3
    hang nya setalah pilih "BackTrack Text - Default Boot Text Mode"
    lampu tombol caps lock ma scrlk klap-klip.
    tau satu kali muncul tulisan kernel panic.
    itu gimana ya solusinya.
    Thanx sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane kurang tau kalo mslh itu..
      soalnya di ane lancar.lancar aja..
      bisa saja akibat CD rusak atau file.file pentingnya ada yg bermasalah..
      coba di burning ulang ato coba pake flashdisk biar gak ngabis.ngabisin biaya..

      Hapus
  11. mas mau tanya
    pas ane instal ane lupa buat partisi home.a
    gimana cara buat partisinya
    apa akibatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkn pas bootingnya terjadi error karena directory defaultnya berbeda..
      liat aja kalo ada error install ulang sajalah..

      Hapus
  12. oya gan, kata temen ane butuh 8Gb buat swap, itu fungsinya buat apa ya?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. swap itu fungsinya sebagai cadangan memory (RAM)..
      klo ane sendiri gak pkek swap,, berjalan lancar kok..
      tpi ane saranin klo mau buat swap misalnya RAM ente 2GB buat swapnya 1GB aja ato stengah dari memory RAM..
      Semoga bisa membantu..

      Hapus
  13. gan... ane masih bingung ni gan cara nginstal nya.
    partisi di lepi ane
    C: windows
    D: 50GB (kosong masih minta di format kalo di buka)
    E: 200 GB data

    rencana ane mai nunstal BT di partisi D, terus ane mesti bagi jadi berapa partisi tu gan?
    kata temen ane multimedia dokumen progam dll perlu partisi sendiri,
    terimakasi

    BalasHapus
  14. Gan, lepiq dah q install backtrack dan win7nya mlah kehapus, tp goe instal lg win7 kok gbsa booting, sllu msuk di GNU GRUB. Mnt pencerahanx gan?

    BalasHapus
  15. gan, tulisan "boot"nya dak ada, gimana nih?

    BalasHapus
  16. min , misalnya mau partisinya di hardsik external gimana ?

    BalasHapus
  17. gan ko pas mau login kan pake user ama pass default kaya user= root pass=toor tapi incorrect mulu kenapa ya?

    BalasHapus
  18. kalo ada tulisan invalid or corrupt file diatas tulisan boot...
    trus ane masukin ntu tulisan startx tapi kada bisa...

    gmna ntu gan...

    BalasHapus
  19. mau tanya mas saya udah berhasik instal tapi pas habis di restar
    langsung masuk blacktrack trus susah buat keluarnya
    uadah di coba shutdown tetep balik lagi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mas edit file xorg.conf

      Hapus
  20. mkasih ea mas atas artikel nya. . . . .
    nanti saya coba , klo misalnya error nanti ane tnya. . . . .

    BalasHapus
  21. ane sarankan pakek swap niihh min....

    share ajja lah... bwat yang minim ram

    BalasHapus
  22. udah berhasil gan,,tq ya... tp ada yg mw sy tnykan.? katanya backtrack bs bwt hack wifi..agan tau caranya?? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, kasi tips donk install ny.. uda install di fb, trus gmn cara kluarin starx ny ?

      Hapus
    2. saya malah engga kebaca sistem operasi windowsnya

      Hapus
  23. gan, knpa pas ane install backtrack pke flasdisk, pas uda d layout keyboard trus forward lama bnget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, ini setelah install di Flashdisk, gmn pakai ny ? maaf gaptek.
      uda siap install tp gk ada kluar apa2 kyk yg di atas.

      Hapus
  24. Mas, ini cuma bisa di linux ya ?
    aq pake windows 7, uda boot di flashdisk, cuma waktu colok flashdisk di komp. kok gk ada muncul ap2..
    solusi donk

    BalasHapus
  25. gan ane gada partisipasi space'a.. n g bisa di klik add

    cara buat dari awal'a gmn..? klik new partition table apa delete?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan... aku juga pas lagi instal gak ada free spacenya... gimana tuh >??

      Hapus
    2. usahakan kalau mau nginstall harus ada partisi spacenya. soalnya jenis partisi Windows sama Linux beda,, kalau mau install di partisi C juga bisa,, bisa digandengin sama Windows tapi itu tmpt mslhnya nanti pas kita install ulang otomatis BackTrack yg kita install juga akan ilang..
      Saya saranin kalau mau partisi yg agak besar sisanya dibagilah,, kira-kira 30GB tidak usah besar-besar. di Windows 7 ke atas kan ada tools bawaan Windowsnya pakai bagi partisi. Pakai itu aja,, data agan tidak akan hilang kok..
      Semoga membantu..

      Hapus
  26. Hahaha.... hasil survey!!!

    Kebanyakan yg niat instal BT cuma buat ngeheck wifi doang hahaha... kasian amat ente, udah jadi korban blog-blog pembohong. Asal tau aja ngehack wifi (wpa2 - psk) itu kga segampang yg lo kira pade, butuh : keahlian, hardware, biaya dan waktu yg sangat lama (sampe kompi lo angus jg blon tentu dapet tuh password). eh ini, baru mo nginsta bt aja udah ribut puyeng.... hahahaha...... :D

    Internet udah murah chuuuyyyyy......'

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu pikir dulu kalo ngomong tod...
      emang BT cuman bisa hack wifi ?
      kgk kan ?
      kenapa lu fokus pada 1 masalah, sedangkan masalah yang lain lu gak perhatiin, orang kek gitu lebih rendah dari sampah

      Hapus
    2. Woy siapa bilang BackTrack buat hack wifi doank, kan bisa buat penetrasi, ngetes sekuriti dan laun lain dasar pea

      Hapus
  27. Trimakasih Ini sangat membantu yang newbie.......
    Nice Share dan Share Terus Hal Yang Bermanfaat

    BalasHapus
  28. gan ane gada partisipasi space'a.. n g bisa di klik add

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan kalau mau nginstall harus ada partisi spacenya. soalnya jenis partisi Windows sama Linux beda,, kalau mau install di partisi C juga bisa,, bisa digandengin sama Windows tapi itu tmpt mslhnya nanti pas kita install ulang otomatis BackTrack yg kita install juga akan ilang..
      Saya saranin kalau mau partisi yg agak besar sisanya dibagilah,, kira-kira 30GB tidak usah besar-besar. di Windows 7 ke atas kan ada tools bawaan Windowsnya pakai bagi partisi. Pakai itu aja,, data agan tidak akan hilang kok..
      Semoga membantu..

      Hapus
  29. Gan ane kan udah selesain semua proses nya yang agan berikan .. pas step akhir kan ada perintah suru restart . udah ane restart tapi kok ttp gak bisa yah ? Sama , kita mau kembali ke WIndows bgaimana yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau emg semua langkahnya benar pasti tidak bakalan ada error.
      mungkin ada yg kelewat langkahnya,, coba di ulang lagi.

      Hapus
  30. Gan kalo Disk C: (windows) mau saya shrink dibagi jadi dua Woindows sama BT filenya windos bisa kehapus gk ya? [maaf agk berantakan hehe :)]

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak gan..
      tp usahakan sisa pd C tidak trllu kecil..

      Hapus
  31. Gan langkah2x dalam membuat Partisi itu gmna sih biar ane gk bingung pas beli cd nya maaf newbie? ^^V

    BalasHapus
  32. Nice postingan gan.
    mau nanya, saya pas coba instal di gambar ke 9 di tutorial agan ga nemu pilihan
    Type for new partition. Jadi ga bisa nentuin logical atau primarynya partisi.
    Itu masalah dimana ya?
    trus gan,, kan kalo kita instal linux kan adapilihan buat swap sama extd nya
    kalo saya buat swap,, hardisknyatrus g kebaca,, "unuseable" jadinya tu hardisk gan..

    saya make usb booting.( linux live downloader danunbootin) gandeng sama windows7.
    laptop saya : toshiba satellite l510 gan
    trimakasih gan,, di tnggu

    BalasHapus
  33. hilman .. gua mau nanya .. kalau seandainya backtrack 5 r3 ini mau dijadiin sistem operasi bisa gak ? kayak sistem operasi windows 7 windows 8 ... langsung jadi operasi sistemmnya ?

    BalasHapus
  34. wah kok tampilan boot pada "startx"nya gak keluar .. malah langsung blang dia .. gua pake oracle virtual box

    BalasHapus
  35. min minta tolong dong, cara d atas sama yg ane lakuin, tp pas waktu install copying file kenapa kluar error ya? tulisannya errno 5 .. minta penjelasannya please.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu pake apa ? DVD atau USB ?

      Hapus
  36. gan mau nanya, pas saya nginstal ga mau masuk perintah startx.. dari sana ada warning gan minta bantuannya

    BalasHapus
  37. maaf gan mau nanyak..gimana cara insstall file yg udah di download ke backtrek.soalnya q butuh file tambahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. file yg mungkin sudah ada di windows kadang tidak support di linux...

      Hapus
  38. izin coba ya sob, semoga berhasil...

    BalasHapus
  39. coy ...!!... mau nanya ni .......!!!! .. . ... keunggulan dan keuntungan BT linux ini apa sih . .. . .. . bisa jebol password wifi ya .. .atau cuma cantik tampilan nya aja. . . ... . ..

    please !!!!!!!!! in comment .. ... . .

    BalasHapus
  40. Gan kalau mau cari driver laptop nya setelah instal bt gimana?

    BalasHapus
  41. gan, kenapa ya di netbook ane gak bisa instal backtrack 5 r3
    dan tidak munculnya icon INSTALL BACKTRACK saat di dekstop itu kenapa ya gan?


    BalasHapus
  42. Gan, cara memilih ingin masuk ke windows atau backtrack gimana?jika sudah menginstal

    BalasHapus
  43. ask gan,,, kalaau mauu hapus dual boot secara full gimana ya???

    BalasHapus
  44. Gan kok yang saya gak ADD nya gak timbul ya.

    BalasHapus
  45. KAGA ADA yang lebih gampang apaa

    BalasHapus
  46. Gan gimana cara ngatasi tiap mau instal backtrack laptopnya selalu shutdown?

    BalasHapus
  47. Gan ane coba instal backtrack di laptop ane tapi kok pas dimasukin cd yg berisi os backtrack kok langsung blank hitam itu kenapa ya gan. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  48. gan apakah aplikasi windows 7 di instal di linux ini apakah bisa ???

    BalasHapus
  49. Gann ane punya kok gk brhasil ya... Wktu istal ..ps di sesi texx_boot mode setlh i enter lar yg putih smua... Knpa ya... Gagak istl bt R

    BalasHapus
  50. gan mau tanya, kan saya mau install backtrack 5r3 gnome 64bit nih, nah kan hardisk saya C: Zorin OS9, D:Data-sata saya(Penuh) E:Data-data saya juga(sisa 60gb) nah itu kalo saya install backtrack di E data-data saya ilang ga ya?

    BalasHapus
  51. Ada notice "Authentication Failure" itu kenapa ya?

    BalasHapus
  52. gan lok dual-core 1.6ghz
    trus ram 1gb
    bisa ngak masang dual boot BT5r3
    minta pencerahan nya
    and terima kasih

    BalasHapus
  53. gan saya masuk grubnya susah,malah langsung masuk booting windows

    BalasHapus
  54. Nice info gan, klo kembaliin windows ke mbr lagi gimana ya?

    http://wasestoh.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  55. gan klok misal di lepi ane ud ada win7 gimna buat pertisinya
    dan apa harus pake drive C:/ gan..?
    bantuanya gan, ud setengah jalan bingung ampek sini..

    BalasHapus
  56. kk , mau tanya kalo instal backtrack biar pun free disk 50 gb akan tetap diformat

    BalasHapus
  57. Kalau mau install backtrack / distro linux apapun jenisnya itu partisi harus dipisah, tidak bisa diinstall pada 1 partisi yang sama seperti kita install dual boot windows.
    Kalau linux itu type file systemnya beda dgn Windows, Windows sendiri menggunakan NTFS sedangkan linux menggunakan EXT3 / EXT4.
    Jadi intinya yang free 50GB itu harus di pisah dulu baru bisa buat install linux

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. pernah install backtrack tapi udah browsing sana sini enggak bisa konek ke wifi, itu penyelesaianya bagaimana?
    mohon bantuanya
    adapter : qualcom atheros
    prosesor : intel

    BalasHapus
  60. klo pas instal trus keluar nya "retry mounting the cd-rom" itu knapa ya...
    kasih tau cara instal backtrack tanpa cd-rom gmna...

    BalasHapus
  61. Gan klo udah di instal bt trs mau ngembaliin ke windows gmn caranya

    BalasHapus
  62. gan kalau misal di Virtual Box sama aja ya tutorialnya??

    BalasHapus
  63. gan pengaturan usernya saat penginstalan atau stelah penginstalan??

    BalasHapus
  64. saya menginstal pakai virtual box tapi tetep juga ada pernyataan errno 5..di penginstalan terakhir
    itu kenapa ya?

    BalasHapus
  65. gan ane nginstall nyampe step 3 aja lamaaaa bangettt....
    apa emang kyk gitu y (busy/muter doang tuch cursor nya)
    thx

    BalasHapus