marquee

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SEMOGA POSTINGAN-POSTINGAN INI BISA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA

Labels

Selasa, 26 Februari 2013

Bootable BackTrack 5 Melalui USB Flashdisk

Langkah pertama untuk memulai menggunakan Backtrack ialah membuat bootable USB terlebih dahulu. Sebenarnya bagi yang telah terbiasa dengan masalah install ulang sistem operasi (OS) komputer, ini adalah hal yang sangat mudah sekali. Bahkan dahulu saat zamannya saya mengenal OS GNU/Linux sewaktu SMP, saya masih menggunakan media keping CD/DVD untuk membuat media bootable, namun berkat merebaknya dan sudah mulai terjangkaunya harga USB atau Flashdisk kini banyak orang lebih suka menggunakan Flashdisk. Tutorial ini untuk pengguna komputer yang ingin mencoba mengenal OS lain, sehingga bagi para pengguna lama komputer yang sudah berulang kali meng-install ulang komputer, ini hanya sebagai referensi bagi Anda untuk dijadikan referensi apabila Anda ingin mereferensikan tutorial tentang membuat bootable USB.
Persiapannya kita membutuhkan beberapa alat berikut ini :
  • USB (Flashdisk) minimal 4 GB (saya merekomendasikan 8 GB)
  • ISO file dari Backtrack (saya menggunakan Backtrack 5 R3 GNOME, silahkan download di situs resmi www.backtrack-linux.org/downloads atau mirror lokal di repo.ugm.ac.id/iso/backtrack/ untuk mirror lain, silahkan googling)
  • Software pembuat bootable USB (saya merekomendasikan Universal-USB-Installer dari pendrivelinux.com) download disini
  • PC atau komputer dengan sistem operasi terinstall adalah Windows
 Baiklah setelah semuanya terpenuhi mari kita mulai untuk membuat bootable Backtrack.
1. Pertama, silahkan download ISO file backtrack dan Universal-USB-Installer.
2. Format USB (Flashdisc) Anda dengan partisi FAT32.
3. Jalankan Universal-USB-Installer.
4. Klik "I Agree" pada kotak dialog Universal-USB-Installer.
5. Pilih distro Linux yang kita inginkan, di sini saya memilih Backtrack 5R3, karena kita akan membuat bootable Backtrack.
6. Kemudian klik "Browse" lalu cari dimana Anda menyimpan ISO file Backtrack 5R3.
7. Setelah itu pilih drive dimana Flashdisk Anda terpasang, Flashdisk saya di drive (H:/).
8. Abaikan opsi yang lain lalu klik "Create", lalu akan tampil kotak dialog peringatan untuk memastikan bahwa drive yang telah kita pilih adalah bukan drive (C:/) alias dimana OS PC kita terinstall, klik saja "YES".
9. Akan tampil kotak dialog baru dengan proses uncompress ISO file Backtrack dengan 7z, mengingat ISO file Backtrack berukuran besar, maka proses ini akan memakan waktu yang lama, tunggu hingga proses selesai.
10. Saat proses uncompress sudah selesai, tunggu proses yang ada pada kotak dialog utama, ini hanya sebentar saja, setelah itu klik "Close" apabila sudah selesai semua proses.
 11. Kini USB Anda telah siap dijadikan media bootable Backtrack.
Setelah ini Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba bagaimana bootable ini bisa dijalankan dari USB. Anda tinggal mengubah pengaturan BIOS Anda untuk booting dari media USB, dan Backtrack siap dijalankan. Anda akan lebih tertarik lagi untuk menginstalasikan Backtrack di PC Anda berjejer dengan OS lama Anda Windows atau menginstalasikan secara penuh, maka Anda juga harus belajar mengenal partisi dan cara membuatnya untuk menginstalasikan Backtrack. Sehingga Anda benar-benar paham.
Oke sekian tutorial dari saya.
Semoga Bermanfaat.. -_-'