marquee

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SEMOGA POSTINGAN-POSTINGAN INI BISA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA

Labels

Jumat, 24 Mei 2013

Cache Directory Ubuntu

Aku pengen kembali share tentang Linux :)
Sudah pernah melakukan update/ upgrade/ install software dari apt kan di Ubuntu??
*itu lho misalnya temen-temen buka Update Manager terus klik Update // kalo via terminal :
sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
*kalo yang install software misalnya lewat Synaptic (Linux Mint/ Ubuntu 11.04 or older), Ubuntu Software Center (Ubuntu 11.10 maybe later *soon :p ), terus milih software yang mau diinstall terus klik install :)// kalo via terminal :
sudo apt-get install vlc
(misalnya mau download terus install VLC video player)
Logikanya, ketika kita melakukan perintah-perintah di atas, sistem akan secara otomatis me-request file-file apa yang akan didownload guna melakukan updating, upgrading, ato installing software tertentu, lalu setelah itu sistem akan mendownload file-file tersebut beserta dependensinya *dependensi = ketergantungan; misal sebelum install C harus install A, sementara untuk instal A butuh install B * :) ; baru kemudian setelah didownload, file-file tersebut dieksekusi dan diinstall :) get it??
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah kemanakah perginya paket-paket yang didownload oleh system? Apakah paket-paket tersebut terhapus? Tentu saja tidak! Coba temen-temen buka Nautilus-nya, terus masuk ke direktori
/var/cache/apt/archive
Apa yang temen-temen temukan?? Kumpulan file *.deb bukan??
Nah itulah file-file yang tadi didownload oleh sistem yang kemudian baru diinstall, jadi direktori inilah tempat dimana sistem menaruh hasil download-an jika kita melakukan installasi secara online :)
Selanjutnya kita bisa menggunakan direktory ini untuk melakukan installasi secara offline, misalnya kita sudah pernah download GIMP, terus ada temen yang pengen install juga, nah daripada download dari internet, mending copy aja dari hasil download-an di direktory ini., tinggal kita sesuaikan dependensi-nya, jikalau ada yang masih kurang ya tetap harus download dari internet, tapi bukankah sedikit meringankan daripada harus semua download dari internet?
Semoga Bermanfaat :shakehand